SMAN 2 Balikpapan Mengadakan Pesantren Kilat Daring
Be Religious, menumbuhkan Karakter peduli, Menguatkan Iman dan Taqwa Siswa

By Admin SMAN 2 Bpp 05 Jul 2020, 11:15:40 WIB Kegiatan Sekolah
SMAN 2 Balikpapan Mengadakan Pesantren Kilat Daring

Gambar : Kepala SMAN 2 Balikpapan sedang Menyapa memberi semangat kepada peserta Peskil


SMAN 2 Balikpapan tidak pernah absen menyelenggarakan pesantren ramadhan, walaupun Ramadhan 1441 ini tengah terjadi pan­demi Covid-19 tetap melaksanakan peskil ramadhan yang merupakan salah satu kegiatan penumbuhan karakter dan imtaq siswa. Bagaimana caranya? Nah memang Peskil ramadhan 1441 ini berbeda dari peskil tahun tahun sebelumnya. Apa bedanya ? bedanya, peskil tahun ini dilaksanakan secara daring alias online. Karena tidak mungkin lagi dilaksanakan dengan kelas tatap muka. 

Jadi selain kegiatan belajar di rumah, pada Senin (27/4) SMAN 2 Balikpapan juga menggelar keg­iatan pesantren kilat daring alias online kepada peserta didik kelas X dan XI.

Kepala SMAN 2 Balikapan, ibu Dra Ririen Friedayati, memberi pesan dan harapan kepada para peserta peskil agar bisa memanfaatkan bulan penuh kemulyaan dengan beribadah kepada Allah.

“Hari ini adalah hari penuh kemulyaan, ibu bahagia sekaligus terharu diantara ujian adanya pandemi covid-19 yang menimpa, kita masih bisa melaksanakan porgram Peskil Ramadhan dengan izin Alloh SWT. Mari senantiasa berdoa kehadirat-Nya semoga kita semua dikarunia kesehatan, keselamatan dan segera dihilangkan musibah ini” hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pembukaan peskil ramadhan 1441 H secara daring (27/4) pukul 08.00 wita, yang di hadiri juga oleh guru-guru SMAN2 Balikpapan.

“Mari memohon kepada Allah SWT, agar kita dijadikan anak anak yg sholeh dan sholihah, memiliki akhlaqul karimah yang menghormati orang tua dan guru serta melakukan anjuran baik yang disampaikan keduanya” imbuhnya.

“Harapan ibu dengan mengikuti pesantren ini kalian menjadi generasi teladan bagi sekeliling kalian yang mengajak kepada sesama hal kebaikan dan melarang kepada keburukan...amar makruf nahi mungkar” disampaikannya dengan penuh haru.

Mendapat apresiasi dari Kemenag.

Kepala Kemenag Balik­papan, Drs H Alfi Taufik MM. Di dampingi oleh Kasi PAI Muhammadiyah, S.Ag, memberikan Apresiasi kepada SMAN 2 Balikpapan yang telah menyelenggarakan peskil ramadhan secara online. “Saya sebagai kepala kantor kementerian Agama Kota Balikpapan memebrikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMAN 2 Balikpapan atas usahanya menyelenggarakan peskil ramadhan ditengah pandemi Covid-19ini, semoga memberi inspirasi kepada sekolah yang lain”. Hal itu disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Balikpapan saat membuka acara secara daring.

Demikian juga Kasi PAI Kemenag kota Balikpan memberi Apresiasi kepada SMAN 2 Balikpapan yang telah melaksanakan peskil ramadhan walaupun masa pandemi.

Pesantren kilat ramadhan SMAN 2 Balikpapan dilaksanakan selama 8 hari, mulai tanggal 27 April hingga 05 Mei 2020, dengan pembagian jadwal kelas X Ikhwan 2 hari tanggal 27 dan 28 April, kelas X akhwat tanggal 29 dan 30 April, kelas XI ikhwan tanggal 1 dan 2 Mei sedangkan kelas XI akhwat tanggal 04 dan 05 Mei 2020, mulai pukul 07.15 hingga pukul 13.00 wita.

Bagaimana teknis pelaksanaannya? Sarana apa yang digunakan?

Peskil ramadhan daring ini menggunakan dan memanfaatkan sarana yang sudah ada yaitu google meet, google classroom, google form, Quizizz dan WhatsApp.

Aplikasi utama yaitu google meet, yaitu untuk penyajian materi dan tanya jawab. Pendukungnya google classroom, untuk mengum­pulkan peserta dalam kelas masing-masing jenjang ikhwan akhwat, google form digunakan untuk pendaftaran peserta, daftar hadir peserta, biodata pemateri, kuesinoner narsum. Sedangkan Quizizz digunakan untuk mengukur daya serap peserta, setelah selesai satu sesi diberikan quiz, adapun whatsapp digunakan untuk komunikasi harian.

Peskil Ramadan 1441 H dimulai dari pukul 07.15 - 07.45 Wita para pelajar muslim dim­inta melakukan salat Duha di rumah masing-masing.

Dan pada pukul 07.45 Wita bergabung ke google Meet, di­lanjutkan hingga pukul 08.00 WITA yaitu pembukaan den­gan mc serta tilawah Alquran.

Kemudian presentasi ma­teri dari ustadz mulai pukul 08.00-09.00 WITA, Lalu dilanjutkan tanya jawab oleh peserta kepada ustadz. Pukul 09.00 hingga 09.30 Wita peserta mengikuti kuis online dengan Quizizz, dan dilan­jutkan presentasi pemateri kedua mulai 09.30 hingga 10.30 Wita, lalu kuis kembali hingga pukul 11.00 Wita dan penutupan sesi. pukul 11.00-12.00 Wita peserta peskil tadarus/tilawah Al-Qur’an di rumah masing-masing, lalu setelah itu dilanjutkan kegiatan salat berjamaah bersama keluarga inti di rumah masing-masing.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment